MULTIMEDIA
ABSTRAK
Aplikasi
multimedia sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan di dunia ini,
beberapa di antaranya adalah aplikasi multimedia untuk meningkatkan keunggulan bersaing
perusahaan (misal: dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, bidang produksi,
pelayanan keuangan, sistem informasi akuntasi, sistem informasi manajemen, sistem
pendukung keputusan, automatisasi kantor, pemasaran, dan sebagainya); aplikasi multimedia
dalam bidang kesehatan; hiburan (perfilman, video game, televisi interaktif,
dan virtual reality. Multimedia ialah gabungan lebih dari satu media dalam
suatu bentuk komunikasi. Menurut Lancien (1998:7), multimedia pada masa kini
merujuk pada penggabungan dan pengintegrasian media, seperti teks, animasi,
grafik, suara, video kedalam sistem komputer. Pada
zaman sekarang ini, penggunaan aplikasi multimedia sudah merambah ke segala
bidang kehidupan manusia seperti: Pendidikan, Pelatihan, Informasi Penjualan,
News Delivery, Broadcasting, dan Periklanan, Bisnis dan Penjualan.
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Aplikasi multimedia sudah banyak
digunakan dalam berbagai bidang kehidupan di dunia ini, beberapa di antaranya
adalah aplikasi multimedia untuk meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan
(misal: dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, bidang produksi,
pelayanan keuangan, sistem informasi akuntasi, sistem informasi manajemen, sistem
pendukung keputusan, automatisasi kantor, pemasaran, dan sebagainya); aplikasi multimedia
dalam bidang kesehatan; hiburan (perfilman, video game, televisi interaktif,
dan virtual reality. Untuk yang
terakhir, juga dapat diterapkan pada bidang yang lain); bidang publishing, pendidikan,
pemerintahan (misal: e-Government dan profil departemen). Munculnya teknologi
komputer, elektronik, dan komunikasi menciptakan struktur multimedia yang baru
untuk dekade yang akan datang. Bersatunya teknologi multimedia dengan industri
telekomunikasi menjadikan telepon dan televisi dapat dikombinasikan, yang menghasilkan
peralatan komunikasi yang semakin kaya sehingga mampu melakukan belanja di
rumah (home shopping), belajar
jarak-jauh (distance learning),
mendengarkan lagu, menonton film, menabung, membayar telepon dan listrik, dan
berinteraksi ke seluruh dunia.
1.2
RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang dimaksud dengan multimedia.
2. Beberapa definisi multimedia
menurut beberapa ahli.
3. Pengaplikasian multimedia dalam
kehidupan sehari-hari.
1.3
TUJUAN
Mengetahui
dan memahami tentang definisi multimedia menurut beberapa ahli, menjelaskan penerapan atau pngaplikasian multimedia dalam berbagai bidang.
BAB 2 PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN
MULTIMEDIA[1]
Multimedia ialah
gabungan lebih dari satu media dalam suatu bentuk komunikasi. Menurut Lancien
(1998:7), multimedia pada masa kini merujuk pada penggabungan dan
pengintegrasian media, seperti teks, animasi, grafik, suara, video kedalam
sistem komputer. Akhir-akhir ini konsep multimedia semakin populer dengan
munculnya monitor komputer bersolusi tinggi, teknologi video dan suara serta
usaha peningkatan memproses komputer pribadi. Sebagai contoh sekarang sudah
terdapat komputer dekstop yang bisa merekam suara dan video, memanipulasi suara
serta gambar untuk mendapatkan efek khusus, memadukan dan menghasilkan suara
serta video, menghasilkan berbagai jenis grafik termasuk animasi, dan
mengintegrasikan semua ini kedalam satu bentuk multimedia.
2.1 DEFINISI MULTIMEDIA
MENURUT PARA AHLI [2]
Secara
etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang
berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti
sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Kata medium dalam
American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai
alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan
Alphone, 2005/2006).
Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi
(Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari
dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia juga
dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam
menyampaikan informasi berbentuk teks, audio, grafik, animasi, dan video.
Berikut adalah definisi Multimedia menurut beberapa ahli:
1. Rosch,
1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video.
2. McComick,
1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks.
3. Turban
dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua
media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi,
video, teks, grafik dan gambar.
4. Robin
dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang
dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan
video.
5. Steinmetz
(1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit
dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas
datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan
grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana
validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan
video.
6. Vaughan
(2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara,
animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya
atau dengan manipulasi digital.
2.2 APLIKASI MULTIMEDIA[3]
Pada zaman sekarang ini,
penggunaan aplikasi multimedia sudah merambah ke segala bidang kehidupan
manusia. Berikut ini adalah bentuk-bentuk aplikasi multimedia yang ada menurut Dastbaz
(2003, p9) pada bidang:
1.
Pendidikan
Tidak diragukan lagi bahwa bidang pendidikan telah
mendapatkan salah satu keuntungan dengan adanya teknologi multimedia.
Penggunaan multimedia dalam bidang pendidikandapat memperkaya pembelajaran dari materi pendidikan
tersebut. Dengan bantuan gambar, video, animasi, dan suara, materi presentasi dari
sebuah mata pelajaran akan dapat lebih dimengerti. Contoh penggunaan aplikasi multimedia
dalam bidang pendidikan adalah CAI, perangkat ajar, E-Learning, dan lain-lain.
2. Pelatihan
Dalam
sebuah studi yang dilakukan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dinyatakan bahwa
pelatihan yang menggunakan multimedia 40% lebih efektif daripada pelatihan
biasanya. Selain itu, pelatihan dengan multimedia dapat meningkatkan fleksibilitas
jadwal pelatihan dan mengurangi biaya pelaksanaan pelatihan. Fungsi multimedia
seperti penggunaan audio, video, animasi, gambar, dan teks juga sangat membantu
memperkaya materi pelatihan yang diberikan. Aplikasi multimedia dalam bidang
pelatihan ini disebut juga dengan E-Training.
3. Informasi
Penjualan
Aplikasi
multimedia yang biasanya dipakai dalam bidang ini adalah kios informasi. Kios
informasi ini disebutkan sebagai sebuah hardware yang dapat menampilkan gambar,
audio, dan video dengan teknologi touchscreen sebagai alat inputnya. Kios ini
ditempatkan di tempat umum seperti di bandara atau di museum sehingga
pengunjung dapat menerima informasi tentang tempat tersebut.
4.
News Delivery, Broadcasting, dan Periklanan
Permintaan
akan penggunaan media interaktif pada broadcasting dan periklanan meningkat
pada awal tahun 1992, dan semakin berkembang hingga sekarang. Contoh penggunaan
multimedia pada bidang ini antara lain semakin banyaknya website berita yang
menampilkan berita-berita secara up-to-date setiap waktunya dengan video
streaming ataupun live broadcast streaming.
5.
Bisnis dan Penjualan
Teknologi
aplikasi multimedia bersama dengan teknologi World Wide Web (WWW), telah memberikan
dampak utama dalam perubahan cara berbisnis manusia. Teknologi tersebut telah
menghilangkan batasan ruang dan waktu dalam berbisnis, sehingga proses bisnis dapat
berjalan kapan saja dan di mana saja.
BAB 3 PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Multimedia adalah media yang dapat menggabungkan
atau mengkombinasikan teks, gambar, suara, animasi dan video menggunakan
perangkat elektronik kemudian diaplikasikan menjadi sebuah media pembelajaran,
aplikasi game, dll. Pada zaman sekarang ini, penggunaan aplikasi multimedia
sudah merambah ke segala bidang kehidupan manusia seperti: Pendidikan,
Pelatihan, Informasi Penjualan, News Delivery, Broadcasting, dan Periklanan, Bisnis
dan Penjualan.
DAFTAR PUSTAKA
[1] UPBJJ-UT Surabaya., “Pengertian Multimedia”
http://repository.ut.ac.id/6555/1/TING2016ST2 32.pdf, 2020. Tanggal Akses: 17
Maret 2020.
[2] STIKOM Surabaya., “Definisi Multimedia” http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/302/5/BAB%20II.pdf,
2020. Tanggal Akses: 17 Maret 2020.
[3] Bina Nusantara., “ Aplikasi Multimedia” https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-1-00141-if%20bab%202.pdf,
2020. Tanggal Akses: 17 Maret 2020.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar