Rabu, 18 Maret 2020

Teknologi Informasi dan Multimedia #


MULTIMEDIA


ABSTRAK

Aplikasi multimedia sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan di dunia ini, beberapa di antaranya adalah aplikasi multimedia untuk meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan (misal: dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, bidang produksi, pelayanan keuangan, sistem informasi akuntasi, sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan, automatisasi kantor, pemasaran, dan sebagainya); aplikasi multimedia dalam bidang kesehatan; hiburan (perfilman, video game, televisi interaktif, dan virtual reality. Multimedia ialah gabungan lebih dari satu media dalam suatu bentuk komunikasi. Menurut Lancien (1998:7), multimedia pada masa kini merujuk pada penggabungan dan pengintegrasian media, seperti teks, animasi, grafik, suara, video kedalam sistem komputer. Pada zaman sekarang ini, penggunaan aplikasi multimedia sudah merambah ke segala bidang kehidupan manusia seperti: Pendidikan, Pelatihan, Informasi Penjualan, News Delivery, Broadcasting, dan Periklanan, Bisnis dan Penjualan.


BAB 1 PENDAHULUAN

1.1    LATAR BELAKANG

Aplikasi multimedia sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan di dunia ini, beberapa di antaranya adalah aplikasi multimedia untuk meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan (misal: dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, bidang produksi, pelayanan keuangan, sistem informasi akuntasi, sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan, automatisasi kantor, pemasaran, dan sebagainya); aplikasi multimedia dalam bidang kesehatan; hiburan (perfilman, video game, televisi interaktif, dan virtual reality. Untuk yang terakhir, juga dapat diterapkan pada bidang yang lain); bidang publishing, pendidikan, pemerintahan (misal: e-Government dan profil departemen). Munculnya teknologi komputer, elektronik, dan komunikasi menciptakan struktur multimedia yang baru untuk dekade yang akan datang. Bersatunya teknologi multimedia dengan industri telekomunikasi menjadikan telepon dan televisi dapat dikombinasikan, yang menghasilkan peralatan komunikasi yang semakin kaya sehingga mampu melakukan belanja di rumah (home shopping), belajar jarak-jauh (distance learning), mendengarkan lagu, menonton film, menabung, membayar telepon dan listrik, dan berinteraksi ke seluruh dunia.

1.2    RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan multimedia.
2.      Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli.
3.      Pengaplikasian multimedia dalam kehidupan sehari-hari.

1.3    TUJUAN
Mengetahui dan memahami tentang definisi multimedia menurut beberapa ahli, menjelaskan penerapan atau pngaplikasian multimedia dalam berbagai bidang.


BAB 2 PEMBAHASAN


2.1 PENGERTIAN MULTIMEDIA[1]

Multimedia ialah gabungan lebih dari satu media dalam suatu bentuk komunikasi. Menurut Lancien (1998:7), multimedia pada masa kini merujuk pada penggabungan dan pengintegrasian media, seperti teks, animasi, grafik, suara, video kedalam sistem komputer. Akhir-akhir ini konsep multimedia semakin populer dengan munculnya monitor komputer bersolusi tinggi, teknologi video dan suara serta usaha peningkatan memproses komputer pribadi. Sebagai contoh sekarang sudah terdapat komputer dekstop yang bisa merekam suara dan video, memanipulasi suara serta gambar untuk mendapatkan efek khusus, memadukan dan menghasilkan suara serta video, menghasilkan berbagai jenis grafik termasuk animasi, dan mengintegrasikan semua ini kedalam satu bentuk multimedia.

2.1 DEFINISI MULTIMEDIA MENURUT PARA AHLI [2]

Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Kata medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan Alphone, 2005/2006).

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.

Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk teks, audio, grafik, animasi, dan video. Berikut adalah definisi Multimedia menurut beberapa ahli:

1.      Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video.
2.      McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks.
3.      Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
4.      Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video.
5.      Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
6.      Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
2.2 APLIKASI MULTIMEDIA[3]

Pada zaman sekarang ini, penggunaan aplikasi multimedia sudah merambah ke segala bidang kehidupan manusia. Berikut ini adalah bentuk-bentuk aplikasi multimedia yang ada menurut Dastbaz (2003, p9) pada bidang:


1.      Pendidikan
              
           Tidak diragukan lagi bahwa bidang pendidikan telah mendapatkan salah satu keuntungan dengan adanya teknologi multimedia. Penggunaan multimedia dalam bidang pendidikandapat memperkaya pembelajaran dari materi pendidikan tersebut. Dengan bantuan gambar, video, animasi, dan suara, materi presentasi dari sebuah mata pelajaran akan dapat lebih dimengerti. Contoh penggunaan aplikasi multimedia dalam bidang pendidikan adalah CAI, perangkat ajar, E-Learning, dan lain-lain.

2.      Pelatihan

Dalam sebuah studi yang dilakukan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dinyatakan bahwa pelatihan yang menggunakan multimedia 40% lebih efektif daripada pelatihan biasanya. Selain itu, pelatihan dengan multimedia dapat meningkatkan fleksibilitas jadwal pelatihan dan mengurangi biaya pelaksanaan pelatihan. Fungsi multimedia seperti penggunaan audio, video, animasi, gambar, dan teks juga sangat membantu memperkaya materi pelatihan yang diberikan. Aplikasi multimedia dalam bidang pelatihan ini disebut juga dengan E-Training.

3.      Informasi Penjualan

Aplikasi multimedia yang biasanya dipakai dalam bidang ini adalah kios informasi. Kios informasi ini disebutkan sebagai sebuah hardware yang dapat menampilkan gambar, audio, dan video dengan teknologi touchscreen sebagai alat inputnya. Kios ini ditempatkan di tempat umum seperti di bandara atau di museum sehingga pengunjung dapat menerima informasi tentang tempat tersebut.

4.      News Delivery, Broadcasting, dan Periklanan

Permintaan akan penggunaan media interaktif pada broadcasting dan periklanan meningkat pada awal tahun 1992, dan semakin berkembang hingga sekarang. Contoh penggunaan multimedia pada bidang ini antara lain semakin banyaknya website berita yang menampilkan berita-berita secara up-to-date setiap waktunya dengan video streaming ataupun live broadcast streaming.

5.      Bisnis dan Penjualan

Teknologi aplikasi multimedia bersama dengan teknologi World Wide Web (WWW), telah memberikan dampak utama dalam perubahan cara berbisnis manusia. Teknologi tersebut telah menghilangkan batasan ruang dan waktu dalam berbisnis, sehingga proses bisnis dapat berjalan kapan saja dan di mana saja.


BAB 3 PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
              
            Multimedia adalah media yang dapat menggabungkan atau mengkombinasikan teks, gambar, suara, animasi dan video menggunakan perangkat elektronik kemudian diaplikasikan menjadi sebuah media pembelajaran, aplikasi game, dll. Pada zaman sekarang ini, penggunaan aplikasi multimedia sudah merambah ke segala bidang kehidupan manusia seperti: Pendidikan, Pelatihan, Informasi Penjualan, News Delivery, Broadcasting, dan Periklanan, Bisnis dan Penjualan.


DAFTAR PUSTAKA


[1]        UPBJJ-UT Surabaya., “Pengertian Multimedia” http://repository.ut.ac.id/6555/1/TING2016ST2 32.pdf, 2020. Tanggal Akses: 17 Maret 2020.
[2]       STIKOM Surabaya., “Definisi Multimedia” http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/302/5/BAB%20II.pdf, 2020. Tanggal Akses: 17 Maret 2020.
[3]        Bina Nusantara., “ Aplikasi Multimedia” https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-1-00141-if%20bab%202.pdf, 2020. Tanggal Akses: 17 Maret 2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar