- Arsitektur Komputer
Adalah
konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional
dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan
sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU
akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori
cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer
ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
- Organisasi Komputer
Adalah
bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar
komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka,
teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Dan
juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni
mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan
target biayanya.
Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah Struktur/Bagan Dasar dari Komputer.
- Struktur/Bagan dasar dari komputer
Input
Device
Input Device adalah suatu bagian/komponen dari
sistem komputer yang berfungsi untuk tempat kita memasukkan data maupun
instruksi-instruksi kepada komputer.
Alat-alat
Input (Input device) ini antara lain adalah :
Magnetik
Ink Character Reader (M.I.C.R)
Optical
Character Reader (O.C.R)
Scanner
microphone
keyboard
dll.
Output Device
Output
Device adalah suatu komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat
mengeluarkan hasil-hasil pengolahan yang telah dilakukan oleh komputer.
Alat-alat
output ini antara lain adalah :
Printer
Plotter
Monitor
speaker
dll
Main
memory
RAM
(Random Access Memory)
ROM
(Read Only Memory)
RAM
(Random Access Memory)
RAM
merupakan memori yang dapat diakses yaitu dapat diisi dan diambil isinya oleh
user (pemakai).
Processor
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang
didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol
keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau
otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan
tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard,
dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang
ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap
kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor
adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya
sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan
prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar
dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari
Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
1. Aritcmatics
Logical Unit (ALU)
2, Control
Unit (CU)
3. Memory
Unit (MU)
DAFTAR PUSTAKA
https://www.academia.edu/12328444/contoh_skripsi_Arsitektur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar